Comments

Pengertian, Fungsi Dan Jenis Software Komputer Lengkap

Posted by at Friday, May 12, 2017 Read our previous post


Software
Software (perangkat lunak) yaitu sebuah perangkat penting pada sistem komputer yang tujuanya untuk membantu user dalam mengolah data di komputer.Tanpa adanya software hardware hanya perangkat fisik yang tidak berguna. Setelah di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Hardware baik itu pengertian maupun fungsinya. Sekarang kita akan membahas secara lengkap tentang pengrtian,Jenis maupun fungsi software komputer.


Software adalah sebuah program yang di buat  oleh seorang programmer dengan bahasa atau kode pemograman, untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware. 

Dalam pengertian lain Software adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Software Di Bedakan Menjadi Beberapa Bagian Di Antaranya :

Operating System (sistem operasi) - perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. 


Microsoft Windows,Unix,Linux,Machintos adalah contoh sistem operasi yang popular kalau kita bicara sistem operasi. Tetapi Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak di minati.

Aplication Software (Program Aplikasi) - suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tetapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. 

Aplikasi pengolah kata (Microsoft word), pengolah angka (Microsoft excel), pengelola basis data (Microsoft access), Microsoft power point, Adobe photoshop, CorelDRAW dll adalah contoh dari program aplikasi.

Perangkat lunak utility (Program Bantu) - secara umum digunakan untuk mendukung, meningkatkan program-program dalam sebuah sistem komputer. Banyak OS sudah memiliki utility program di dalamnya untuk tujuan umum seperti mengkopi isi sebuah disk ke disk lain. Beberapa contoh utility program adalah: Screen saver, Data Recovery, Backup, Virus protection, Data compression, Memory management, Defragmentation dan lain – lain.

Bahasa Pemrograman diistilahkan juga dengan bahasa komputer  adalah instruksi standar untuk memerintah komputer . Contoh-Contoh Bahasa Pemrograman ASP, HTM,. Visual, Basic, Pascal, Java, Delphi, PHP.

Berdasarkan distribusinya, secara umum software di bedakan menurut jenis nya apa sajakah :

Freeware - yaitu perangkat lunak bebas bayar alias gratis, biasanya untuk individu,biasanya  ada versi berbayar untuk digunakan perusahaan.  

Adapun Contoh Freeware adalah : 

Photoscape -Yaitu progran pengolah foto/gambar.
Smadav - program anti virus (menjaga komputer dari virus).
Winamp - memutar lagu/musik.
CCleaner - menghilangkan file sampah dan menghapus aplikasi yang sulit     dihapus melalui add/ remove program di windows.
Skype - aplikasi yang dapat digunakan untuk video call, call, texting (messenger) seara gratis.
Google Chrome - salah satu web browser yang dapat digunakan untuk menjelajahi laman di internet.

Shareware - adalah perangkat lunak yang berjalan hanya untuk jangka waktu tertentu (disebut masa percobaan), maka pengguna harus memutuskan apakah membeli atau tidak software tersebut. 

Adapun contoh shareware adalah :

IDM (Internet Download Manager) - perangkat lunak yang dapat mempermudah pengguna dalam mengunduh berbagai file dari internet.
WinRar - perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengompress file.
Office - perangkat buatan microsoft yang dapat digunakan untuk membantu user dalam pengolahan data baik berupa angka, tulisan maupun grafis.
Corel Draw - untuk menyatukan objek bentuk vector dan bitmap atau gambar dan tulisan.
Real Player - aplikasi yang memungkinkan untuk membuka/ memutar berbagai ragam media.

Opensource, GPL dan GNU - adalah sumber, bebas terbuka dan didistribusikan secara bebas tersedia untuk di-download. 

Adapun contohnya adalah :

Ubuntu - salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai software bebas.
Linux - sistem operasi di bawah lisensi GNU yang merupakan turunan dari UNIX dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras komputer.
Notepad++ - penyunting kode sumber yang berjala di sistem operasi Windows
Audacity - perangkat lunak untuk merekam dan menyunting suara.
XAMPP - paket program untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk di dalamnya Apache (web server) dan MySQL (database).
Apache - server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web.
Inkscape - perangkat lunak editor gambar vektor di bawah lisensi GNU GPL.

Commercial/ Proprietary Software - Adalah Software berbayar yang disuport resmi oleh perusahaan pembuatnya. Pengguna tidak dapat mengembangkan atau memodifikasi software tersebut.

Contoh Proprietary :

Microsoft Windows - salah satu Sistem Operasi yang terkenal di dunia yang dibuat oleh perusaan Microsoft.
Macromedia - perangkat yang dapat digunakan di bidang grafis dan pengolahan web.
Adobe Illustrator - aplikasi yang dapat digunakan dalam desain grafis
Adobe flash player - memutar video internet
Adobe Reader - untuk membantu pengguna komputer dalam membaca dan mencetak dokumen berformat pdf (PDF Reader).
Adobe Audition - untuk merekam, mengedit suara dalam bentuk digital yang berbasis Windows.
iWork - perangkat lunak buatan Apple yang memiliki fungsi yang mirip dengan Microsoft Windows
Mac OS - singkatan dari Macintosh Operating System yang diciptakan oleh Apple Inc. OS ini merupakan OS pertama yang menggunakan Grap.

Malware - perangkat Lunak yamg  Berbahaya. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan program-program yang bertujuan untuk menyerang dan merusak sistem dan VIRS sebagai Trojan Horse. 

Adapun contoh malware adalah :

Virus -Inilah istilah yang sering dipakai untuk seluruh jenis perangkat lunak yang mengganggu computer. 
Worm alias cacing - sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri.
TrojanTroya - adalah malware yang seolah-olah merupakan program yang berguna, menghibur dan menyelamatkan, padahal di balik itu, ia merusak. 

Segitu saja penjelasan yang sederhana mengenai software baik pengertian, jenis, maupun fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat.












No comments :

Post a Comment

© Softjan is powered by Blogger - Sponsored by Jual Sirup TJAMPOLAY